<< August 2018 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31




Contact Me

If you want to be updated on this weblog Enter your email here:


rss feed

Blogdrive


Feb 9, 2004
PAGI HARI YANG INDAH...!!...OHH SENANGNYA!!

Njirr!!....saya emang jarang banget bangun pagi, yeah abis gimana juga saya bisa ngerasain bangun pagi, saya aja jarang tidur dan kalaupun saya tidur paling saya baru tidur jam 5 pagi, jadi jelas saya nggak bisa ngerasain kepala dan badan saya diterpa matahari yang terbit di timur itu. Nah tapi kemaren mah beda banget!, Nggak tau kenapa saya jam 11 malem udah mulai narik selimut, nyalain ac dan muter mp3 non-stop di perangkat audio saya, dan hasilnya jam 5 pagi saya udah bangun dengan muka yang seger dan badan yang fit, hehehe!, nggak ada lagi kantong mata membesar dan mata merah!. Abis mandi terus saya langsung bikin teh manis anget buat nemenin makan nasi goreng tanpa telor, sosis dan kornet (iyalah saya kan vegetarian!) yang dibuat sama ibu saya!...hmm kalo tau nasi goreng buatan ibu saya pasti saya rela nih bangun pagi tiap hari. Nah abis makan nasi goreng dan minum teh mulailah saya duduk di depan TV sambil nyari acara TV yang bagus. Pilih channel MTV tapi acaranya ulangan semua, RCTI masih nampilin acara dengan beberapa orang tolol yang ceramah tentang masalah ketuhanan dan dosa-dosa yang sebenernya dibuat cuma buat nakutin manusia!, SCTV juga acaranya sama kayak RCTI, ANTV, INDOSIAR dan lain-lainnya....tetep aja sama acaranya kayak RCTI cuma orang-orang tololnya aja yang beda!. Saya suka bingung apa sih enaknya ngomongin masalah agama, tuhan, dosa dan pahala?!...kayak nggak ada topik lain yang menarik buat diomongin aja!. Mendingan ngomongin masalah band-band punk keren daripada ngomongin isi kitab yang udah kadaluarsa buat dibaca, dibahas dan dipraktekin. Atau ngomongin tentang gimana caranya bikin acara konser musik cadas super gede di indonesia daripada ngomongin tentang Agama!. Lagian masalah agama itukan masalah personal dan agama juga pilihan masing-masing orang, kalo masih punya agama yah silahkan aja jalanin semua aturan agama kamu itu dengan benar, kalo masih percaya tuhan yah silahkan aja sembah tuhan kamu itu.....aduh sayang banget deh kalo acara TV dipagi hari cuma ngebahas tentang tuhan!. Lagian buat saya mah tuhan itu nggak ada, jadi buat apa juga diomongin?!.

Yah!....daripada sebel ngedengerin ocehan-ocehan tolol manusia yang pengen naik derajat jadi nabi itu, mendingan saya cepetan ganti baju buat jalan pagi-pagi. Iya!...jalan pagi-pagi adalah aktivitas yang nggak pernah saya lakuin sejak saya mutusin buat berhenti kuliah!. Sampai akhirnya kemaren pagi saya udah rapih dengan celana jeans belel saya dan sepatu oldskool butut saya, rencananya saya mau kerumah temen buat ngambil vcd google yang mau dia pinjemin ke saya. Hmm....mencium aroma embun yang segar sambil sesekali ngelirik matahari yang belum panas. Sial-nya saya harus naik bis 2 kali buat sampe kerumah temen saya itu!. Pertama harus naik bis jurusan kampung melayu-kampung rambutan dan kedua harus naik bis jurusan kampung rambutan-bogor!. Anjing!!....saya udah nebak kalo di dalem bis pasti saya bakalan berdiri gara-gara bis-nya penuh sesak sama orang-orang yang mau berangkat sekolah dan berangkat kerja. Yeahhh ini adalah jakarta! Dimana setiap pagi semua orang buru-buru berangkat buat beraktivitas!. Ahh!!..sekali lagi saya nggak abis pikir apa orang-orang itu nggak capek buat kerja dan sekolah yang sebenernya nggak lain cuma bikin manusia jadi tolol, ngabisin waktu sekian jam cuma buat nurutin omongan guru, omongan dosen, omongan bos atau omongan klien perusahaannya demi sebuah poin berbentuk uang atau berbentuk nilai yang sebenernya poin-poin itu nggak bakalan mereka bawa ke dalem kubur saat mereka mampus!. Kenapa mereka nggak santai-santai aja dirumah buat maen kartu, minum kopi atau bercanda-canda sama orang yang mereka sayang?, kenapa mereka nggak ngabisin 8 jam sehari buat ketawa-ketawa sama temen-temen mereka atau mungkin cuma sekedar ngelakuin semua kegitan yang mereka suka selain kerja dan sekolah!!. Udahlah saya nggak pengen pusing-pusing mikirin hidup orang-orang seperti yang saya temuin di dalem bis!. Hidup saya lebih menyenangkan daripada mereka....setiap hari saya bisa ngelakuin hal sesuka saya tanpa harus kerja atau sekolah!. Saya bisa tidur siang sesuka saya, saya bisa maen skateboard, bikin tulisan buat dikirimin ke majalah atau cuma sekedar ngasih makan kucing dan anjing kesayangan saya sambil sesekali main kejar-kejaran sama mereka!, dan semua itu saya lakuin bukan karena saya nggak punya ongkos buat nerusin kuliah atau nggak punya kerjaan, tapi semua itu saya lakuin karena SAYA BENCI KERJA DAN SEKOLAH!!.
Eh....ehh!, itu cewek SMA yang pake tas rockmen mukanya lucu juga!, terus itu mbak-mbak yang pake baju kerja warna item dan tas warna coklat garis-garis putih kayaknya mukanya mirip sama rieke diah pitaloka yang jadi oneng di sinetron bajaj bajuri deh!. Anjirr!!....akhirnya saya nemuin keasikan di dalam bis ini dengan ngeliatin semua cewek-cewek kece yang ada di dalamnya!. Aduh...itu cewek yang pake kaos the strokes sama sepatu converse kayaknya anak kuliahan deh....eh tapi mukanya lumayan keren juga nih!, nah terus itu cewek SMA yang pake sepatu adidas putih kayaknya belum mandi deh, abis mukanya dekil dan rambutnya keliatan acak-acakan deh, dan kayaknya dia nutupin bau badan gara-gara nggak mandi dengan banyak-banyak make deodorant deh!....wah kayaknya deodorant yang dia pake mereknya AXE nih!!.....huahahahaha!, ternyata asik juga yah merhatiin orang-orang yang berangkat pagi. Eh iya....itu kok cewek yang duduk di bangku kedua paling depan daritadi sibuk buka-buka buku catatan yah?, Wah!...pasti dia ada ulangan jam pertama nih!, jadi dia sibuk ngapalin semua catatan yang pernah dia catat dikelas!....hihihihihi!. huahhhh!!!....sekarang di depan saya udah berdiri cewek manis yang...ehmmm lebih cantik daripada cewek-cewek yang ada di bis ini, rambutnya belah pinggir! Terus pake tas buatan clothingan lokal dengan ditambahin banyak pin band-band emo kayak finch, the ataris, dashboard confessional, all american reject dan lain-lainnya...wah pasti nih anak lagi kena demam musik emo!. HUETSS!!! rok lumayan pendek (terlalu vulgar kalo disebut rok mini!) dan rok itu ternyata sukses buat mancing mata cowok-cowok buat ngeliat ke arah paha putihnya yang mulus, eh tuhh cewek juga pake ikat pinggang spike, wah pasti nih cewek seneng ikut2an mode, yah maklum lah sekarang kan ikat pinggang spike lagi musim dipake sama anak-anak gaul!. Wah! Ternyata saya baru sadar kalo dia merhatiin saya juga!. Ehh...dia senyum!, ya udah deh saya senyumin juga....sayang kalo nggak disenyumin!....Hihihihi!. ANJING!!....ternyata saya harus turun dan ninggalin cewek yang pake rok mini, lho kok disebut?, katanya nulis rok mini itu vulgar?...AHH CUEK!!!.

Sekarang saya harus nyambung naik bis jurusan bogor!. Wahh!!....di bis ini nggak ada cewek cakepnya!...arrghhh sial banget gue!. Tapi cueklah! Daripada nunggu bis yang ada cewek cakepnya mendingan naik yang ada aja, lagian jarak kerumah temen saya cuma butuh waktu 15 menit kok!. Sampe dirumah temen saya kebetulan temen saya udah bangun dan udah rapih abis mandi pagi!, hhmmm...tumben nih anak biasanya kan baru bangun jam 12 siang!. Temen saya ternyata nggak ada kegiatan hari itu karena hari itu ceweknya yang janji mau dateng bareng temennya!. Beberapa menit kemudian ceweknya temen saya dateng bareng temennya!....AND YOU KNOW WHAT??....ternyata cewek temen saya itu bawa temen yang nggak lain adalah cewek pake rok mini yang tadi satu bis sama saya!. ANJIR!!!!....saya jadi semangat! Dan akhirnya kita kenalan....EH IYA NAMA CEWEK ITU!....ENVI!!

Wahh....temen saya keasikan “ngobrol” sama ceweknya di kamar!, saya cuma duduk berdua sambil nonton MTV sama si envi diruang tamu sambil sesekali ngomentarin video klip yang ditayangin....eh tapi temen saya itu ngapain yah sama ceweknya dikamar?, kok dari tadi saya nggak ngedenger suaranya?, cuma ngedenger suara kayak tangan yang ditepuk-tepuk dan sesekali kedengeran suara kayak suara orang tergesa-gesa dengan nafas yang agak merintih tertahan?....huhuhuhu!, emang dasar temen saya itu bisa manfaatin keadaan rumah kosong gara-gara ibu-bapaknya lagi kerja!. Eh tapi kok si envi setiap denger suara-suara di kamar selalu senyum kearah saya yah?...hmmm what’s wrong with you girl?

Akhirnya jam 12 siang saya permisi pulang duluan!. Temen saya juga udah keluar dari kamar dan udah mandi untuk yang kedua kalinya!....eh pacarnya kok juga ikutan numpang mandi yah?, agak-agak aneh! Kok ngobrol dikamar aja bisa sampe keringetan dan acak-acakan sampe harus mandi 2 kali gitu sih?!.....huhuhuuh pasti ada yang nggak beres nih?

Sebelum pulang saya sempet tukeran nomer HP sama envi dan besok malem janjian buat nonton di plaza senayan!......BERARTI BESOK SAYA KENCAN DONG?!!

Udahan ahhh tulisannya!!...sekarang siap-siap buat nge-date dulu!!

Posted at 10:21 am by somebody
Comments (4)

VIVISECTION!!...JUST FUCKING STOP IT!!

First of all!, tulisan ini bukan tulisan seseorang yang merasa bangga bahwa dirinya adalah vegetarian!. Tulisan ini hanyalah suatu proses pemikiran yang telah sata lalui saat saya memutuskan untuk peduli terhadap kehidupan di dunia ini!. Oke sebelum melangkah lebih jauh membahas apa arti kata vivisection mendingan kamu tau dulu apa vivi section itu!.

Vivisection adalah pemotongan atau perilaku menyakitkan terhadap hewan hidup untuk tujuan penelitian ilmiah dan penelitian-penelitian lainnya (penelitian kosmetika contohnya!). Point pertama yang mau saya omongin disini adalah pemotongan!, Yah! Pemotongan terhadap makhluk hidup!, saya yakin bahwa tidak ada satu pun makhluk hidup yang senang atau dipaksa untuk dipotong!. Biarpun makhluk itu seekor ayam, sapi, kambing atau tikus laboratorium sekalipun tetep aja mereka nggak akan mau dipotong karena semua makhluk hidup jelas pengen hidup!. Point kedua adalah perilaku menyakitkan!, siapa sekarang yang seneng disakitin sampe mati?, NGGAK ADA!!. Saya nggak akan ngehubungin hal ini sama rasa sakit yang dipengenin sama kaum sado-masochist! Karena emang beda!, rasa sakit yang dipengenin dan yang nggak dipengenin itu beda!. Nah! Perilaku menyakitkan yang saya maksud disini adalah menerima kesakitan dengan cara di paksa!. Hewan-hewan hidup dipaksa menuhin kemauan manusia dengan cara disakitin secara paksa, dan kalo yang dipaksa untuk disakitin hewan hidup berarti itu sama aja ngebunuh para hewan itu diatas meja operasi. Para ilmuwan kontol-memek bukannya make hewan yang udah mati secara alamiah malah make hewan hidup dan ngebunuhnya dimeja operasi debfab cara yang nggak biasa!. Yang terakhir adalah UNTUK TUJUAN PENELITIAN!. Yeah! Saya percaya para ilmuan adalah kaum yang punya intelijensia tinggi dengan gelar beberapa huruf di depan nama atau diakhir namanya!, mereka adalah para cendekiawan yang ironisnya mereka berkelakuan kayak kaum barbar yang haus darah demi terpenuhnya tujuan mereka!!...BANGSAT!!

Ok kalo gitu sebut aja semua ini atas nama ilmu pengetahuan!. Hmm...sekarang saya ngerti kalo hal ini nggak ada bedanya menggorok leher orang atas nama tuhan kan?....sama kayak yang dilakuin para manusia-manusia haus pahala yang perang ngelawan suatu hal mereka anggap dosa dan dengan bebasnya menebas leher orang yang mereka anggap kafir!. Oh iya! Saya inget dulu waktu saya SMA sebelum ngebedah katak kita disuruh untuk baca doa dulu kan?, jadi nggak ada masalah dong!...pasti diampunin sama yang katanya tuhan!....hehehehe untungnya dulu waktu SMA setiap ada pelajaran biologi yang bakalan ngadain praktek di laboratorium saya nggak pernah masuk!. Jadi saya nggak perlu sedih ngeliat katak yang disembelih dan kalopun saya masuk pasti saya sebisa mungkin buat ngelepasin semua katak yang mau dijadiin penelitian!. Dan masalah baca doa dengan nama tuhan?!...apa emang tuhan itu nyuruh manusia buat ngebunuh makhluk hidup lainnya?!!, ahh untungnya saya nggak percaya sama tuhan!, jadi kalopun tuhan nyuruh buat nyebeleh kambing pas hari raya kurban saya nggak perlu ngelakuinnya karena emang saya benci banget sama acara pengkurbanan makhluk hidup model begitu!.

Vivisection sebagai alasan untuk mencari obat bagi manusia?. Sekarang kamu tau nggak kalo setiap pemakaian bahan kimia belum tentu punya reaksi yang sama terhadap setiap makhluk hidup?. Contohnya moonshiners yang bisa bikin ribuan orang buta karena metyl alkohol yang terkandung dalam minuman keras mereka nggak akan berpengaruh buat mata kebanyakan binatang penelitian yang ada di labolatorium. Dan juga seratus miligram scolpamine nggak akan berpengaruh kepada kucing dan anjing!, tapi lima miligram aja udah cukup buat ngebunuh manusia. Terus zat bernama strychine yang populer dipake sama pembunuh berantai dalam cerita detektif sebagai arsenic dan kalo strychine dipake dalam dosis yang tepat bisa ngebunuh sekeluarga manusia, tetep aja strychine nggak bakalan berefek kalo dipakein pada kera! (monyet maksudnya!). Novalgin yang biasa dipake manusia sebagai obat penenang malah cuma bikin kucing ngalamin ketegangan dan muntah-muntah! dan Hal yang sama juga terjadi pada binatang yang kena rabies!. Selain itu masih banyak lagi hal-hal beda antara manusia dan hewan yang terkena zat kimia....ITU TANDANYA HASILNYA NGGAK AKURAT, TOLOL!!

Walaupun nggak punya otak, tapi saya percaya bahwa hewan punya perasaan!. Hewan bisa ngerasain sakit, sedih, takut....dan saya juga percaya hal itu!. Tapi manusia yang katanya punya otak, akal dan budi pekerti dengan seenak-enaknya make para binatang buat dijadiin salah satu percobaan biologi!....sebagai sarana untuk kebutuhan penelitian!. EH!!...apa kamu pikir binatang-binatang itu makhluk yang seneng saat mereka ditanamin elektroda di dalam otaknya?!. Apa kamu pikir seekor katak yang kamu bedah waktu kamu sma bakalan seneng kamu utak-atik isi perutnya?....apa kamu pikir mereka senang?. ARRRGGHH!!.....kalau aja mereka dikasih pilihan sama kita yang nggak katanya kita adalah manusia penguasa planet ini!!.

Jadi apa yang harus kita lakuin sekarang?, mulai dari diri kita sendiri!. Bantu kehidupan hewan-hewan yang ada di muka bumi ini!, APAPUN JENISNYA!. Belajar dengan banyak baca dan banyak tanya!, binatang juga berhak nikmatin hidup mereka kok!, sama kayak kita!, sekarang apa kamu rela kalo perut kamu dipaksa diacak-acak pake pisau bedah dengan tujuan penelitian makhluk lain?

....MAKANYA JANGAN EGOIS!!!

Posted at 10:20 am by somebody
Comments (1)

Feb 5, 2004
STRANGE ATRACTION

Semua “makhluk-makhluk” internet mungkin pernah ngalamin yang namanya ketemuan teman chatting atau temen dunia maya-nya....yeahh sebut ajalah kopdar, kopdaran atau kopi darat!....atau apalah nama lainnya. Apa yang dilakuin sebelum kopdar?....hmmm nentuin tempat, waktu dan tanggal ketemuan!. Yeahh jelas semua itu harus ditentuin dan diomongin antara kedua belah pihak yang mau ketemuan biar acara ketemuannya berjalan dengan sukses, mulus, sempurna dan siapa tau aja dari kesan pertama ketemuan bisa berlanjut ke langkah yang lebih nyata!....nah langkah selanjutnya apaan coba?. Hmm....gimana kalo selanjutnya ngebawa pertemanan via internet itu ke dalam pertemanan secara nyata, atau mungkin pacaran?, atau mungkin jadi partner bisnis bikin clothingan, bikin band mungkin?...hey atau langkah selanjutnya ke atas tempat tidur or maybe just having a blast in the backseat of your daddy car?...TERSERAH!!, semua bebas-bebas aja asalkan keputusannya diambil sama-sama...hey! bahkan nggak menutup kemungkinan untuk ke jenjang yang lebih serius [sekaligus sucks buat saya] seperti contohnya melanjutkan hubungan via chatting ke jenjang perkawinan!!.

Tapi nggak selalu kopdaran itu berjalan dengan lancar dan mulus. Karena nggak semua orang yang kenal lewat chatting itu bisa bersikap sama seperti saat dia ada di depan layar monitor. Nggak ada yang tau sifat-sifat manusia kecuali manusia itu sendiri, bisa aja seseorang yang begitu-sangat-ramah-sekali-deh saat ngobrol lewat chatting, tapi pas udah ketemuan secara nyata orang itu sombong dan pendiam, atau mungkin juga sebaliknya!. Seperti yang udah saya bilang di atas tadi, nggak ada seseorang yang tau sifat orang lain kecuali orang itu sendiri. Jadi kalo ternyata pas kamu ketemuan sama temen chatting kamu terus temen chatting kamu sifatnya beda banget sama apa yang kamu kenal saat kamu ngobrol di MIRC atau YAHOO MSG, yah itu berarti temen chatting kamu itu punya sifat yang berlainan saat ketemu di dunia maya dan di dunia nyata!. Mungkin buat sebagian orang sifat kayak gitu nggak asik dan nyebelin, sampai akhirnya pertemanan pun berhenti setelah ketemuan. Yah!....kita nggak bisa nyalahin orang yang punya sifat kayak gitu, mungkin aja itu adalah sifat aslinya dia dan dia cuma ngegunain sarana chatting di internet untuk bersosialisasi dan berkomunikasi [eh buat mahasiswa fikom coba deh bikin studi kasus tentang komunikasi di internet].....semua sah-sah aja, mau komunikasi lewat chatting kek, lewat e-mail kek, lewat burung merpati pos yang dilepas lewat jendel kek, atau bahkan lewat asap api unggun kayak orang indian jaman koboy di amerikkka!. Yang penting adalah gimana caranya supaya komunikasi itu berjalan lancar dan jelas....Njing! apa gua keliatan kayak ahli komunikasi disini?!!...hehehehehe.

Ya udahlah....sekarang buat makhluk-makhluk internet yang pengen terus dapet temen lewat chatting silahkan aja menambah jam chattingnya, silahkan juga siapin duit buat kopdaran kalo suatu waktu kamu diajakin chatting sama temen kamu itu. Cari tempat kopdaran yang asik....ehmm di cafe misalnya [cappucino cafe o lala atau moccacino di starbucks enak loh!] dan siapin obrolan biar kamu punya banyak topik buat diobrolin....kalo nanti pas kamu ketemuan kamu ngerasa nggak comfort sama temen chatting kamu....ya udah! Tinggalin aja temen chatting kamu, cukuplah ketemuan selama 5 menit dan silahkan pergi ke warnet buat nyari temen chatting yang lebih asik lagi buat diajakin kopdaran!, nggak susah kan?. Life is too short to be taken seriously!, dan masalah sukses atau nggak suksesnya kopdaran inilah yang bikin saya selalu males buat kopdaran sama temen chatting!...yeahh daripada ngambil resiko antara sukses dan nggak sukses, mendingan SEKALIAN AJA NGGAK USAH KOPDARAN!!...GAMPANG KAN??!!

*notes : buat semua orang yang janji kopdaran-nya selalu saya batalin, sekarang kamu tau kan alasan saya kenapa kita selalu nggak pernah sukses buat ketemuan!...hehehehe!!

Posted at 10:51 am by somebody
Comments (1)

Jan 24, 2004
Karena buat saya seorang ayah adalah pahlawan bagi anak-anaknya!.

“siang tadi dia bilang kalo dia lagi nganterin ayahnya kerumah sakit. Ada sesuatu yang salah dengan perut ayahnya....begitu katanya!. Malamnya di memberi kabar bahwa ayahnya meninggal.....meninggal karena serangan jantung!. Saya turut berduka-cita!”

Lika, Seorang teman dekat saya. Teman dekat yang sering menelpon saya selama berjam-jam cuma untuk ngobrol hal-hal simple sambil sesekali diiringi dengan ketawa-ketawa dan lelucon-lelucon tolol yang kita buat, jujur! Saya cukup senang dengan seringnya dia menelpon saya. Kadang saya juga suka bertanya hal-hal yang saya nggak tau, kadang dia juga suka cerita tentang teman-teman baiknya terkadang tentang mantan pacarnya. Sampai beberapa jam sebelum ayahnya meninggal pun dia masih menelpon saya, kita masih bercanda-canda, masih merencanakan tempat dan waktu dimana kita pertama kali akan ketemu nanti, saya juga masih menanyakan beberapa hal-hal tabu yang sama sekali saya nggak tau. Tanda-tanda akan kehilangan pun belum saya tangkap dari suaranya, kecuali 1 hal saat suara diujung telpon sana mengecil saat menjelaskan hal-hal yang saya tanyakan, dan dia berkata setengah berbisik “kamar gue tuh disebelah ruang tamu, dan di ruang tamu ada my daddy”. Mungkin itulah pertama kalinya saya mendengar dari mulutnya dia menyebut ayahnya dengan kata daddy.

Saya juga ingat suatu saat dia pernah menjadikan saya contoh objek tugas interviewnya, sebelum dia menginterview seorang wartawan senior disebuah koran lokal.

Ada satu kutipan interview yang saya ingat:
Lika : .....pendapat tentang kematian ersa siregar? [seorang reporter perempuan *SALAH YANG BENER LAKI-LAKI!!!* yang meninggal setelah dijadikan sandera oleh GAM]
Saya : udah takdir!!
Lika : huah!!...hahahaha, jawabannya lumayan keren tuh!!


Ya!, saya memang menjawab bahwa kematian adalah suatu takdir, nggak ada yang bisa tau kapan seorang manusia dijemput oleh kematian. Tapi nggak tau kenapa setelah mendengar kabar bahwa ayahnya Lika meninggal saya nggak bisa dengan cuek berfikiran bahwa takdir adalah takdir, ada sedikit perasaan dalam diri saya yang berteriak bahwa ini semua nggak adil, kenapa harus ayahnya yang meninggal?, kenapa bukan saya?. Padahal saya juga pernah ngasih tau resolusi tahun baru saya ke lika bahwa salah satu resolusi tahun baru saya adalah MATI!!. Kenapa nggak saya aja yang mati?, saya nggak punya tanggungan apa-apa dalam hidup saya?, saya nggak punya anak!, saya nggak punya istri!, tapi ayahnya Lika punya tanggungan 2 orang anak dan istri. Saya nggak tau harus protes kemana dan harus marah ke siapa?. Saya nggak percaya tuhan itu ada dan saya juga nggak percaya bahwa nasib manusia ada di tangan tuhan. Banyak orang bilang bahwa umur, rejeki dan jodoh ada di tangan tuhan. Tapi sayangnya saya nggak percaya tuhan jadi buat apa saya pusing-pusing mikirin tuhan yang katanya menentukan umur, rejeki dan jodoh!...... sampai akhirnya saya terhenyak dan mulai mengenang beberapa tahun silam di beberapa hari sebelum ayah saya pergi meninggalkan anak dan istrinya........

Kilatan....kilatan yang menyambar kedalam pikiran dan menghanguskan pelupuk mata!
................Yan!,Itulah panggilan saya ke almarhum ayah saya. Saya memang nggak pernah manggil ayah saya dengan sebutan bapak, papa, papi atau bahkan ayah. Saya memanggil ayah saya dengan sepenggal namanya saja, Yan!. Tiga hari sebelum Yan meninggal, saya dan Yan sempat mendaki gunung semeru berdua. Disitu kami bercerita, kami tertawa dan kami bernyanyi-nyanyi dengan gitar yang kami pinjam dari penjaga gunung yang kebetulan teman baik Yan. Saya ingat ketika saya berjalan mendaki di depan, sempat beberapa kali Yan terbatuk-batuk dengan keras, saya juga selalu menanyakan kepada Yan, apakah Yan kuat meneruskan pendakian sampai puncak?, apakah Yan mau kita membatalkan pendakian saja?, Yan hanya menjawab “c’mon son, i’m a man, buat seorang laki-laki penyakit adalah hal yang biasa!”, Saya hanya tersenyum dan memutuskan untuk beristirahat dibawah pohon agar Yan bisa meredakan nafasnya dan melenyapkan batuknya. Yan memutuskan untuk meneruskan pendakian setelah 15 menit beristirahat, Yan juga memilih untuk berjalan duluan karena Yan takut saya akan terpatuk ular karena langkah saya yang kurang hati-hati. Waktu itu wajah Yan begitu bersinar, jarang saya melihat wajah Yan yang begitu terang. Saya sempat berpikir, kenapa Yan begitu gembira dalam pendakian kami yang ke-12 kali ini......ahhh mungkin Yan bersemangat karena Gunung semeru adalah gunung yang paling disukai oleh Yan dari sekian banyak gunung yang pernah dia kunjungi.

Malam hari di depan api unggun Saat Yan mulai menasehati saya tentang hidup, Yan bilang bahwa hidup adalah menerima segala sesuatu dengan pikiran yang terbuka, dengan kerelaan dan dengan semangat untuk bersenang-senang. Yan melarang saya untuk terlalu bersedih jika saya terkena masalah atau kesialan, Yan juga bilang bahwa semua manusia akan menemui banyak kesialan dan musibah dalam hidupnya, tapi bukan berarti manusia itu harus menyerah jika terkena musibah!. Saya ingat Yan pernah berkata tentang kematian dengan muka bersinar dan mata yang menatap tajam ke arah api unggun, Yan bilang bahwa kematian adalah hal yang tak dapat dibantah oleh semua makhluk hidup, kematian adalah suatu regenerasi untuk merefresh alam semesta ini dan kematian seseorang adalah batu loncatan bagi orang yang disayanginya untuk melompat lebih tinggi!, Yan juga bilang jika nanti Yan mati dia nggak mau melihat saya menangis, karena kematian buat Yan adalah suatu Imortalitas kebahagian dimana Yan bisa mendapatkan semua kebahagian di alam setelah Yan mati. Saya mulai berkaca-kaca saat mendengar Yan berkata tentang kematian, Yan menepuk pundak saya dan berkata bahwa “Cepat atau lambat, duluan atau belakangan kita semua akan mati, Tinggal tunggu mana yang akan duluan dipilih sama Tuhan dan mana yang belakangan dipilih Tuhan, dan Tuhan mencabut nyawa umatnya karena Tuhan sangat sayang sama umatnya, Tuhan nggak mau umatnya merasakan kebusukan dengan hidup terlalu lama di dunia, jadi sekarang tinggal tunggu siapa yang akan dipanggil sama Tuhan duluan?”. Saya cuma bisa menjawab lirih “Yan nggak boleh mati duluan, nanti saya sama siapa?”......Yan hanya menjawab dengan menyuruh saya tidur duluan di dalam tenda hitam kami. Tapi setelah masuk ke dalam tenda pun saya sempat mengintip Yan yang sedang setengah merebahkan badannya di Tikar plastik depan api unggun, masih dengan wajah yang bersinar seperti diterpa sinar matahari......tapi waktu itu mata Yan terlihat kosong.....Yan menatap nanar kedalam api unggun.

Entah kenapa esok harinya Yan memutuskan untuk turun dan pulang ke jakarta, Yan begitu tergesa-gesa hingga Yan menghiraukan beberapa duri putri malu yang menggores telapak tangannya....Yan masih memilih untuk berjalan di depan. Diperjalanan pulang pun Yan hanya diam sambil sesekali melirik dan tersenyum kearah saya yang duduk dibangku sebelahnya, Muka Yan masih bersinar seperti kemarin dan saya pun sambil tersenyum menanyakan kenapa muka Yan tampak lebih bersinar dari hari-hari sebelumnya, Yan menjawab “Yan hanya merasa sangat senang, karena sebentar lagi Yan pulang!”, Saya hanya membalas tersenyum sambil menepuk-nepuk pundak Yan. Hari dimana Yan meninggal, Yan bangun pagi pukul 5 dan mengajak seluruh keluarga untuk sholat berjamaah. Yan enggan untuk menjadi Imam, Yan menyuruh saya untuk menjadi imam sholat waktu itu. Yan berkata bahwa nanti saya yang akan menjadi Imam di dalam keluarga. Dengan perasaan malas saya akhirnya menuruti permintaan Yan, Yan tersenyum dan memegang kepala saya sambil berkata “c’mon you tough guy!, wake up! It’s time to pray!”, Saya tau itu adalah terakhir kali dimana saya menjalankan sholat dan itu terakhir kalinya juga saya percaya pada Tuhan. Setelah Sholat Yan mulai ke halaman depan dan memberi makan buddy [anjing kesayangan Yan], waktu itu pukul 6 pagi, saya memutuskan pergi membawa papan sk8board dan pergi kerumah teman saya, kebetulan waktu itu saya janji main sk8board di senayan bareng teman-teman!. Sebelum pergi saya pamit kepada Yan, dan disitulah tampak muka Yan begitu sayu sekaligus berbinar, saya merasa ada yang lain dalam diri Yan.......

Saya : Yan!, saya mau main sk8board ke senayan dulu ya!, nanti pulang mungkin siang sekitar jam 1.
Yan : Dimas!....kamu jangan bandel ya!, baik-baik ya dimas! [Yan menatap tajam, tidak biasanya Yan memanggil nama saya, biasanya Yan selalu memanggil saya dengan Kata “Tough guy” atau “son”]
Saya : Iya Yan!, you can count on me, still!!
Yan : Hati-hati kamu!!
Saya : Beres Yah! [saya sadar itulah pertama dan terakhir kalinya saya memanggil yan dengan sebutan Yah!, Ayah!]


Ternyata hari itu saya dan teman-teman saya memutuskan untuk membatalkan acara main sk8board. Kita hanya ngobrol-ngobrol di balkon salah satu rumah teman saya. Tapi nggak tau kenapa perasaan saya menyuruh saya untuk cepat-cepat pulang.....ada satu perasaan dimana saya nggak boleh lama-lama ngobrol di tempat itu, saya harus pulang dan maka saya memutuskan pulang. Saat saya memutuskan pulang saya masih mendengar bunyi telpon di ruang keluarga teman saya berdering......ahh tapi saya sudah terlanjur keluar pagar dan memanggil ojek!, sempat terpikir di benak saya.....siapa yang telpon kerumah itu ya??!

Bendera kuning di depan komplek, banyak tetangga saya yang berjalan kearah jalan yang menuju jalan rumah saya....ahhh perasaan saya mulai tidak enak!. Beberapa pasang mata dari orang-orang itu pun mulai menatap sayu ke arah saya....mereka semua mau bilang apa sih?!. Ojek berhenti di depan rumah!, Bendera kuning di depan pagar!!...Ahhh....jangan-jangan............Saya semakin yakin, kaki ini mulai berlari cepat, melemparkan papan skateboard dan tas begitu saja dihalaman, Buddy Tampak terdiam lesu dibawah bangku yang biasa di duduki oleh Yan....Buddy tampak seperti kehilangan sesuatu....mungkin buddy menangis!!. Ada beberapa orang yang mulai menahan dan berkata....”tabah ya dim....yang tabah ya dim”....arrrghhh persetan dengan ketabahan!, sekarang siapa yang meninggal?!, menyibak kerubungan orang-orang yang duduk bersila....dan.....!!!

Yan sudah diselimuti oleh kain!....hanya mukanya saja yang terlihat berbinar dengan bibir yang tersenyum. Bunda ada disebelah yan dengan mata yang berair dan muka yang sembab sedang membelai rambut putih panjang milik Yan, Ndy [kakak saya] ada disamping kanan kaki Yan! Mengusap lembut kaki Yan. Yan Hanya terdiam, Yan hanya tersenyum.....Yan tidak merasakan apa-apa!. Yan sekarang telah benar-benar pulang.....Yan telah benar-benar pergi!

Saya masih berdiri terpaku....menatap tajam kearah Yan, beberapa menit kemudian rombongan teman-teman saya yang tadi baru saya temui sampai dirumah, mereka datang beberapa menit setelah saudara saya menelpon ke rumah itu dan memberitahu bahwa Yan meninggal. Mereka mengusap pundak saya dan berkata “tabah ya man!....tabah ya!”, beberapa dari mereka yang kebetulan dekat dengan Yan bahkan telah menganggap Yan seperti ayahnya sendiri pun ikut menangis......Tapi saya masih berdiam, berdiri terpaku. Hanya ada seribu macam pertanyaan dan protes dikepala saya?....kenapa secepat ini Yan pergi?, kenapa disaat Yan merasakan bahagia Yan harus pergi?, kenapa begitu cepat Yan harus meninggal?....Kenapa.....Harus.....Yan?, Kenapa bukan saya!!.....Ini nggak adil....ini curang.....Ini Sialan!!....ini Terlalu cepat.....TUHAN NGGAK ADILL!!!....Tuhan sialan!!.....Kenapa Harus Yan....Kenapa harus Yan!....Kenapa Yan?

Kepercayaan saya atas eksistensi Tuhan saat itu hilang!...saya mulai percaya bahwa Tuhan adalah suatu kesalahan yang harus dipercaya....Tuhan begitu tega mengambil Yan!. Untuk itulah saya memutuskan untuk tidak ikut Sholat jenazah!. Saya hanya berdiri menatap tubuh kaku Yan, Saya hanya dapat berkata dalam hati lirih....”Yan!, sekarang Yan benar-benar pergi, sekarang Yan benar-benar pulang.....Yan!....dimas....sayang sama Yan, Walaupun dimas sedih ditinggal Yan, tapi dimas tau ini yang terbaik buat Yan.....Yan!.....semoga Yan baik-baik aja disana!, semoga Yan! Selalu baik-baik aja disana......Yan!....tungguin dimas yah disana, dimas yakin nanti kita pasti ketemu lagi!....Yan!....dimas sayang sama Yan!, dimas selalu sayang sama Yan!, maafin dimas kalo selama ini dimas banyak ngecewain Yan! Dan maafin juga kalo nanti dimas nggak bisa jadi kayak apa yang Yan mau, dimas sekarang rela kalo Yan harus pergi, Yan!....dimas sayang sama Yan!....Selamat tinggal Yan!"........

Saya nggak nangis waktu Yan pergi, sedikit pun saya nggak ngeluarin airmata!, Saya tau Yan benci airmata, Yan benci kalo saya nangis, Maka saya memutuskan untuk nggak nangis saat Yan meninggal!......Tapi saya sangat tau bahwa saat itu hati saya benar-benar hancur!.....Saya benar-benar sedih!!. Saat pemakaman pun saya hanya berdiri 4 meter dari Liang kubur rumah terakhir milik Yan!, bukan karena saya takut menangis saat saya berdiri dekat di depan Liang kubur milik Yan!.....saya hanya tidak tega meninggalkan Yan sendirian di dalam Lubang gelap itu!...Yan! semoga para malaikat menyambut baik Yan di alam keabadian!, semoga mereka menemani Yan!...itulah yang saya ucapkan terakhir kali saat saya berdiri lesu disamping pohon dekat makam Yan.

Saat dimana saya tersadar dan mulai semakin membisu!
Dan sekarang, saat ayah dari teman baik saya meninggal, saya ingat kembali kepada kenangan-kenangan diatas tadi, kenangan tentang kematian yang nggak pernah sedikit pun pernah saya coba untuk saya ingat lagi sampai hari ini. Mulai terbesit bahwa saya lupa atas nasehat Yan....saya mulai lupa atas perintah Yan untuk selalu ingat dengan Tuhan!.......dan sekarang.....saat ini.....kejadian yang menimpa teman saya ini!....jadi satu sumbu yang meledakkan kembali ingatan saya tentang Tuhan.....Ya! Tuhan telah begitu lama saya meninggalkannya, saya pernah menghujatnya, selalu membuangnya kedalam tong sampah......tapi Tuhan nggak pernah marah, Tuhan selalu ngasih kesempatan saya, dan dengan kejadian inilah Tuhan telah benar-benar menyadarkan saya.

Ini memang bukan suatu tulisan yang bercerita tentang pencerahan kembali, bukan suatu tulisan religius tentang kembalinya Tuhan dalam kehidupan saya. Tapi ini lebih kepada suatu dedikasi.....dedikasi untuk Tuhan yang telah menciptakan seorang pahlawan dalam keluarga, seorang pahlawan yang bernama ayah, bernama bapak, bernama papa atau bernama papi dan nama-nama lainnya. Dan Tuhan jugalah yang akan memutuskan kapan Pahlawan itu harus kembali kepada-NYA, Tuhan jugalah yang memutuskan kapan pahlawan itu harus mengakhiri tugasnya di dunia dalam menjaga sebuah keluarga. Seorang ayah buat saya akan selalu menjadi seorang pahlawan....bahkan walaupun dia telah meninggal, tapi seorang Ayah akan terus ada disekeliling keluarga yang pernah dia miliki selama dia hidup di dunia, dia akan terus bersama keluarganya walaupun dia telah meninggal, dia akan selalu ada untuk sekedar melihat dari jauh, mengawasi dan berdoa dalam rapalan-rapalan nafas yang tidak akan pernah tercium lagi oleh keluarganya.

Mungkin saat tulisan ini dibuat Lika sedang dalam keadaan yang benar-bener bersedih, benar-benar berduka....sedangkan saya pun mulai ikut merasakan bagaimana kesedihan seorang anak saat ditinggal oleh Ayahnya....sebuah kematian.....beberapa tangis.....beberapa kepasrahan yang harus selalu disertai dengan ketulusan, ketulusan untuk merelakan suatu kepergian.....kepergian menuju tidur panjang yang abadi, kepergian untuk bertemu dengan Penciptanya. Tuhan!.....saya percaya Tuhan itu ada dan saya juga percaya Tuhan itu adil!

Dan untuk Lika....walaupun saya belum pernah ketemu ayah kamu, walaupun saya nggak kenal bagaimana ayah kamu itu, tapi saya yakin bahwa sekarang dia telah menemui suatu tempat dimana dia akan hidup di dalamnya, tempat dimana nggak akan ada lagi kebisingan, tempat yang penuh dengan kedamaian, semoga ditempat itu Ayah kamu akan selalu merasa tenang!. Saya berdoa kepada Tuhan Untuk Ayah kamu dan untuk kerelaan kamu dan keluarga kamu!.

Beberapa menit sebelum jari-jari saya menekan tuts-tuts keyboard untuk menulis tulisan ini.....beberapa menit sesudah saya melamun dan berfikir tentang kematian & eksistensi Tuhan.....beberapa menit itulah saya berdoa kepada Tuhan. Lalu saya ingat bahwa saya pernah merangkum beberapa kata-kata terakhir yang saya pernah dedikasikan untuk kamu Yan!, Kata-kata yang saya tangkap dari apa yang pernah Yan ucapkan kepada saya, Kata-kata yang juga pernah dipakai oleh teman saya eross saat ayahnya meninggal......

“Jangan pernah sedih karena kau terlalu mencintaiku. Jangan pernah sedih karena kau merasa kehilangan aku. Jangan pernah sedih karena kau tak sanggup melupakan aku!......maka jangan menangis saat aku meninggalkanmu, dan ingatlah waktu-waktu terbaik yang pernah kita lalui. Maka kau akan bangga karena kau mengenalku. Karena aku hanyalah batu pijak bagimu saat kau ingin melompat lebih tinggi”.........Itu kira-kira yang aku tangkap dari mata Ayahku sebelum dia benar-benar pergi!”

Tulisan ini di dedikasikan untuk Lika aprilia!. Yang ikhlas & sabar Ya Lika!
Tulisan ini juga di dedikasikan untuk Yan!....Yan!...dimas kangen Yan!.

Amin!.

Posted at 10:35 pm by somebody
Make a comment

Jan 20, 2004
you know who you are!!


Posted at 09:01 pm by somebody
Make a comment

The trilogy was complete!!

Yeah!, film-film hollywood akhir-akhir ini emang nggak banyak yang bagus, paling cuma ada beberapa film aja yang bisa diacungin jempol [itupun cuma 1 jempol], ok nggak usah disebutin satu-satu karena saya yakin pasti nggak sampai 10 jari tangan film-film itu bisa masuk hitungan kedalam standarisasi film bagus menurut saya. Tapi jelas saya cukup terhibur dengan munculnya Freddy VS jason yang kemarin-kemarin ini sempet masuk list paling atas film yang cukup fenomenal buat saya. Gimana nggak coba? Dua jagoan horror digabungin dalam 1 film, seorang pembunuh bertopeng hokky dari texas dan seorang [atau lebih cocok dibilang setan] yang selalu hadir disetiap mimpi buruk, mereka berdua dateng ke dunia buat ngebunuhin semua orang yang dianggap patut buat dibunuh. Walaupun sejujurnya script ceritanya agak-agak aneh plus sedikit butut buat saya, tapi apa yang bisa diharepin dari film-film buatan hollywood?...semua cuma ngambil segi pengerukan keuntungan tanpa ada idealisme lebih di dalam pesan-pesan filmnya...yup! i guess you know what i mean! Semua cuma untuk nama entertaint!...huhuhu enuff for that film!, karena disitu juga jason nggak ngelakuin hal fenomenal kayak yang dulu dia lakuin di friday the 13th...NGEBACOK MUKA ORANG PAKE PISAU SEPATU HOKKY!!!

Buat seorang penggemar jason & freddy yang dari SD udah nonton semua filmnya saya bisa tau karakteristik film horror full of bloodtype and gore itu apa! Dan untuk itu jugalah kenapa film horror yang ada sekarang jauh dari kesan yang bener-bener bersimbah darah. Coba lihat 28 days later! Apa yang bisa didapet disitu?....nggak ada selain ngasih contoh tentang nggak adanya sisi kemanusiaan dalam kehidupan manusia yang udah diambang kehancuran. Yeah untuk itu juga saya tetep nempatin nightmare on elm street dan friday the 13th kedalam film-film terbaik sepanjang jaman!. Ok sebutin lagi film-film horror yang lumayan bagus: cabin fever! Lumayan keren, house of 1000 corpse buatan rob zombie juga lumayan bakal masuk kategori klasik, texas chainshaw! Pol!, terus apalagi coba?....NGGAK ADA!!, semua film horror sekarang sama aja kayak tayangan misteri tolol dengan pak leo lumanto sebagai host-nya!. Hehehehehe....sorry-sorry aja tapi the ring dan the eye buat saya sama sekali nggak serem! Itu jugalah yang bikin saya nggak suka sama horror oriental!, yamamura sadako jelas salah satu contoh ketololan dari apa yang disebut setan!, bahkan dia lebih tolol daripada semua film horror indonesia yang diperanin sama suzanna.

Enuff for the horror film!, sekarang kita ngomongin film yang lain. Hmm... ngomongin tentang sekuelisme hollywood, contoh-contoh sekuel yang lumayan bagus palingan cuma silence of the lambs dengan sekuel hannibal dan prekuel red dragon, selebihnya BUTUT!!. Para penggemar neo, morpheus dan trinity silahkan aja tersinggung sama tulisan saya, karena emang buat saya the matrix, the matrix reloaded & matrix revolutions nggak jauh beda sama acara ketoprak humor yang tiap malem minggu ditayangin di RCTI. Jadi apalagi coba yang harus ditungguin?, paling saya cuma bisa berharap bakalan ada sekuel dari film underworld. Tapi untungnya saya juga nggak nutup mata buat 1 film yang bercerita tentang sihir, peri dan manusia kurcaci. You know what i mean kan?....yup! LORD OF THE RING!....akhirnya semua fansnya gollum bisa puas dengan munculnya sekuel ke3 [trilogy] dari LORD OF THE RING, maka sekarang lengkaplah semua DVD LORD OF THE RING saya!. Gandalf, Aragorn, Frodo, Sam wise, Legolas, Gollum ....etc sekarang bisa saya puter sesuka saya, bahkan saya juga udah punya rencana buat marathon nonton DVD LORD OF THE RING alias nonton trilogy LORD OF THE RING berturut-turut dalam waktu sehari penuh!!. Sekarang tinggal nyiapin Sebungkus rokok, cappuchino plus es, jungle juice rasa apel, potato chips & es krim campina rasa vanilla dan.....terereng gedumbrang gunjreng!!....berpetualang menghancurkan cincin bareng Mr. Frodo!....ada yang mau ikutan?

AH..udahan deh tulisannya!, mendingan sekarang pergi ke supermaket buat beli bahan-bahan buat marathon DVD LORD OF THE RING!!, see ya!!

PS: LORD OF THE G-STRINGS : FEMALESHIP OF THE STRING.....ini adalah versi bokep dari LORD OF THE RING!....arrghhh untungnya saya udah nonton film ini!....huhuhu ada yang kepengen punya DVD ini nggak?...Ohhh just keep on dreaming boys and girls!....SAYA NGGAK BAKALAN MINJEMIN KE SIAPAPUN JUGA...kecuali ke seseorang yang sangat-begitu-suka dengan jungle juice grape!....you know who you are dear!!...muach!!

Posted at 08:55 pm by somebody
Comments (1)

Jan 19, 2004
Proloque!

Yeah....yeah...yeah!, saya juga nggak mau kalah sama para pembuat blogger yang beberapa bulan kebelakangan ini makin bikin internet penuh dengan website yang penuh dengan tulisan-tulisan serba personal plus subjektif [walaupun blogger nggak selalu berisi personalitas, tapi rata-rata sih isinya personal-personal juga]. Jadi daripada saya cuma nyimpen tulisan-tulisan saya di folder komputer rumah, nggak ada salahnya kalo saya posting beberapa tulisan saya di internet lewat media blogger yang katanya biasa disebut blogdrive.

Saya juga nggak tau definisi dari blogger itu apa. Ada sebagian temen saya yang kebetulan bikin blogger dan dia nyebut kalo blogger itu semacam diary on-line yang isinya nggak beda jauh sama buku diary yang biasa disimpen di laci bawah meja belajar, makanya itu juga yang bikin saya nge-klaim kalo blogger tuh sama personalnya kayak buku diary. Sekarang tinggal masing-masing yang bikin bloggernya aja, apa bloggernya mau di setting private atau public. It’s all yours!!

Kayak yang udah-udah semua blogger mania mulai berlomba-lomba bikin blogger dengan design yang wuihh!!...canggih!!...pol!...keren!! dan mantaph as fuck!. Hmm...tapi buat saya semakin bagus design blogger semakin sedikit orang yang tertarik untuk baca isi bloggernya, padahal kalo mau dipikirin lagi blogger ada bukan buat dilihat dari segi designnya, tapi lebih kepada sisi tulisannya, jadi percuma aja sekarang kalo orang ngasih komentar di tag board cuma tentang design tampilan atau template dari bloggernya tapi tulisannya sama sekali nggak dibaca. Pfuihhh....kayaknya orang-orang tuh nggak jauh beda sama segerombolan monyet-monyet buta huruf yang lebih tertarik sama design template daripada isi tulisan dari si pembuat bloggernya!.

Saya jelasin sekali lagi, blogger tuh buat saya isinya tentang suatu keinginan dari orang-orang yang buat blogger untuk cerita tentang segala hal yang di temuin dalam hidupnya, itu juga artinya semua orang itu pengen ngobrol sama orang-orang yang baca tulisan di bloggernya, makanya banyak orang yang masang link comments dibawah setiap tulisan yang udah dia buat, dan kalo kamu tau tujuan bikin link comments tuh sebenernya buat mancing pendapat atau komentar dari orang-orang yang udah baca tulisannya. Jadi buat apa coba ngasih komentar kalo kamu sendiri belom baca tulisan di blogger saya secara lengkap?. Ngerti kan maksud saya, njing?! :P~

Ok!, blogger saya ini emang jauh dari kesan bagus, templatenya juga masih standard dan ngebosenin, tapi tujuan saya bikin blogger emang bukan buat pamer template, tujuan saya bikin blogger nggak lain cuma buat nampilin beberapa tulisan saya [kayak yang udah saya jelasin diatas tadi], jadi kalo kamu nyoba buat nulis komentar di link comments atau tag board tanpa baca tulisan saya, mendingan nggak usah ngasih pendapat deh!, mendingan kamu buka website atau blogger lain yang tujuannya buat dipuji designnya aja!, nggak usah sekali-kali masuk blogger ini lagi!, jelas kan?

Udahlah!....nggak ada lagi yang mau saya sampein ditulisan pertama blogger saya ini. Sekarang saya tinggal liat aja ada berapa banyak orang yang masuk ke dalam blogger saya dan baca tulisan saya!, kalo nggak ada yang baca ya berarti emang bener kalo blogger saya tuh nggak pantes buat dibaca. Lagian saya bikin blogger ini cuma buat kepuasaan saya sendiri kok, ngapain juga mikirin kepuasaan orang lain?

Ok ini bukan suatu blogger manifesto!, ini cuma tulisan pembuka yang nggak jauh beda kadar tololnya sama kolom editorial koran media indonesia!

Posted at 09:53 pm by somebody
Make a comment